aneka tepung

1. TEPUNG TERIGU (WHEAT FLOUR)
Dibuat dr biji gandum-wheat yg dikupas dan dihaluskan.dibedakan atas kandungan protein (gluten)nya. Gluten ini mempengaruhi hasil olahan, karena itu diperlukan jenis tepung terigu yg sesuai utk makanan tertentu.

TEPUNG TERIGU BERPROTEIN TINGGI.
Kandungan proteinnya >12,5%. Banyak dipakai utk jenis makanan yg dalam proses pembuatannya memakai ragi.Adonan yg dibuat akan membentuk kerangka utk menyimpan gas. Krn daya serap yg tinggi thd cairan, glutennya akan mengembang dan membentuk adonan yg liat dan elastis.
Contohnya, roti atau donat.
Tepung jenis ini jg dipakai pd pembuatan mie (basah/kering), jg cocok utk membuat daging sintetis/tiruan utk vegetarian.
Contoh : merk Cakra Kembar, Kereta Kencana, Cakra
Kembar Emas (Bogasari) dan Tali Emas

TEPUNG TERIGU BERPROTEIN SEDANG (ALL PURPOSE).
Tepung terigu serbaguna.Kandungan proteinnya antara 10-11% sehingga dapat digunakan utk segala keperluan. Biasa digunakan utk membuat aneka makanan, seperti kue pukis, pisang goreng,martabak manis, bakwan, bolu kukus, cake dll.
Contoh : merk Segitiga Biru & Gunung Bromo (Bogasari), Beruang Biru

TEPUNG TERIGU BERPROTEIN RENDAH.

Kandungan proteinnya sangat rendah, sekitar 8-9%. Karena tepung jenis ini menyerap sedikit air dan gula, maka penganan yg dibuat menjadi lbh renyah. Umumnya digunakan utk membuat kue kering (cookies), pie dan cake.

KOMACHI adalah merk Japanese Wheat Flour,
yg saat ini sdg trend karena banyak digunakan utk membuat .donat dan roti abon

2. WHOLEMEAL FLOUR atau WHOLE-WHEAT FLOUR
Dibuat dg cara menggiling seluruh bagian biji gandum (termasuk kulit arinya). Teksturnya lbh kasar dr tepung terigu dan warnanya tidak putih tp agak kusam kecoklatan. Sangat menyerap cairan. Sering digunakan utk membuat cookies atau roti tawar dg rasa yg khas.
Contohnya : merk Taj Mhal (Bogasari)

3. RYE FLOUR atau TEPUNG GANDUM HITAM
Tepung jenis ini masih kurang familiar disini. Tepung ini biasanya digunakan utk membuat roti khas German (Pumpernickel).

4. TEPUNG ROTI atau TEPUNG PANIR (BREAD CRUMB)
Tepung roti/panir ada beberapa jenis yg berbeda tekstur dan warnanya sehingga beda pula kegunaanya. Tepung roti banyak dijual dipasaran, tetapi membuat sendiri jg cukup mudah karena umumnya terbuat dr roti tawar yg dikeringkan.

TEPUNG ROTI PUTIH BASAH
Biasanya digunakan utk campuran isian ayam atau daging gulung, mengentalkan adonan puding, cake atau saus yg bercita rasa manis.
Membuatnya, cabik2 roti yg tdk dikeringkan lalu proses dg food processor sampai halus. segera olah menjadi masakan.

TEPUNG ROTI PUTIH KERING
Biasanya digunakan utk membalut ikan, ayam, daging atau sayuran sebelum digoreng.
Membuatnya, letakkan roti tanpa kulit pd loyang datar selembar2 lalu jemur dibawah matahari sampai kering atau dioven dg suhu 120° hingga kering tp tdk kecoklatan. Lalu haluskan dg food processor atau dg cara dimemarkan di dlm kantung plastik.
Dpt tahan 1 bulan dlm wadah kedap udara.

TEPUNG ROTI COKLAT KERING
Biasanya utk taburan masakan panggang spt potato gratin atau utk risoles dan kroket. Membuatnya sama spt membuat tepung roti putih kering.hanya suhunya lbh panas hingga roti berwarna kecoklatan.

PANKO FLOUR atau Tepung Panko
Tepung roti dg tekstur yg lebih kasar dari tepung roti biasa, ada yg berwarna kuning keemasan, jg putih.
Biasa digunakan utk makanan Jepang spt Katsu atau Tempura. Rasanya lebih garing dan renyah.

5. SELF-RAISING FLOUR
Adalah tepung terigu yg sudah dibubuhi pengembang. Cake yg dibuat dg tepung ini lebih tahan dibiarkan agak lama sebelum dipanggang dan tdk menjadi bantat serta mengembang lbh baik
Harga tepung jenis ini lbh mahal dr tepung jenis lainnya.

Sbg bahan pengganti dlm pembuatan cake,
225 gram Self-Raising Flour = 225 gram tepung terigu protein sedang + 1/2 sdt Baking Powder + 1sdt soda kue.
Sbg bahan pengganti dlm pembuatan cookies,
1 cup (115 gram) Self-Raising Flour = 1 cup terigu protein sedang + 1 sdt Baking Powder.

.Tepung ini hanya efektif utk jangka wkt 3 bulan,setelah masa tsb zat pengembang tdk berfungsi lg

6. TEPUNG CUSTARD (CUSTARD POWDER)
Adalah tepung yg dibuat dari campuran tepung kentang (atau maizena), gula, susu dan kuning telur dan bahan pengental lainnya.
Berbentuk bubuk halus berwarna kekuningan. Dijual dalam kemasan box atau kaleng.
Biasanya digunakan utk membuat vla.

7. TEPUNG KENTANG (POTATO FLOUR)
Warnanya putih. Dibuat dari kentang yg dimatangkan lalu dikeringkan dan dibuat tepung. Biasanya dipakai utk pengental saus, cake, cookies, schotel dll. Tepung kentang msh belum lazim dipergunakan shg agak sulit didapat.

8. TEPUNG BERAS (RICE FLOUR)
Tepung yg dibuat dari beras yg digiling/dihaluskan.warnanya putih,bila diraba dg jari, tepung beras akan terasa lbh lembut dan halus dibandingkan dg tepung ketan.
Biasa digunakan utk penganan tradisional.

9. TEPUNG KETAN (GLUTINOUS FLOUR)
.Tepung yg terbuat dr beras ketan hitam atau putih, dg cara digiling/ditumbuk/dihaluskan Tepung ketan putih teksturnya mirip tepung beras, tetapi bila diraba tepung ketan akan terasa lbh berat melekat.
Utk membedakan dg tepung beras, larutkan dg sedikit air. Larutan tepung beras akan lbh encer sedangkan larutan tepung ketan akan lbh kental. Hal ini disebabkan tepung ketan lbh banyak mengandung pati yg berperekat.

10. TEPUNG TAPIOKA atau TAPIOCA STARCH
Biasa juga disebut dengan aci atau tepung kanji. Dibuat dari sari pati ketela pohon (singkong).
Biasanya dipakai utk membuat penganan tradisional spt kue pepe, selain itu jg sering digunakan utk pengental makanan.warnanya bening, kental dan bersifat agak lengket (sticky) bila dipanaskan.

11. TEPUNG SAGU (SAGO FLOUR)

Dibuat dari sari pati batang pohon sagu (sejenis palm). Mirip tepung aci tapi lebih kering. Selain dipakai sbg pengental (krn jg bersifat agak lengket),jg sering dipakai sbg bahan baku cookies atau penganan lain spt makanan khas penduduk Indonesia Timur,Bagea dan bubur sagu. Kualitas sagu yg terbaik dpt dijumpai dg nama Sagu Tani.

Ada juga TEPUNG SAGU OBIE,
tepung ini khusus digunakan utk membuat bika ambon. Teksturnya halus berwarna putih dan dijual di pasar swalayan dlm kemasan kotak kertas.

12. TEPUNG MAIZENA atau CORNFLOUR/CORNSTARCH
Tepung berwarna putih yg terbuat dari sari pati biji jagung. Biasanya digunakan utk mengentalkan sup atau membuat cookies atau makanan lain menjadi lbh lembut.
Contoh : Merk Honig dll

13. POLENTA atau CORNMEAL
Biasanya disebut juga dg nama tepung jagung, boldkarena dibuat dr biji2 jagung yg dihaluskan, berwarna kuning terang dan teksturnya kasar. Biasanya tepung ini digunakan sbg bahan baku utk membuat Tortilla (roti khas Meksiko)

14. TEPUNG TEN MIEN/TANG MIEN atau TANG FLOUR

Tepung ini merupakan endapan (sari pati) dr tepung terigu, lalu diambil glutennya. Teksturnya halus &
berwarna putih. Biasanya digunakan untuk membuat kulit dim sum, yg hasil akhirnya membuat tepung ini tampak bening/transparan. Mudah diperoleh di toko2 bahan makanan Cina.

15. TEPUNG SEMOLINA (SEMOLINA FLOUR)

Tepung ini dibuat khusus dr kulit bulir gandum yg keras, warnanya kuning muda dan berbutir2. Kadar proteinnya paling tinggi diantara jenis tepung.
Biasanya digunakan dlm pembuatan makaroni, spaghetti (aneka pasta), juga pudding, cookies, cake & soup. Tepung ini merupakan hasil sampingan pd pembuatan tepung terigu di pabrik. Dijual dlm kemasan plastik di pasar swalayan.

16. TEPUNG HUNKWE, TEPUNG KACANG HIJAU (MUNG BEAN FLOUR)

Warnanya putih, dibuat dari sari pati kacang hijau.
Biasanya dipakai utk membuat kue nagasari, centik manis atau cendol.Dijual dalam kemasan kertas berbentuk silinder. Contoh : Cap Bunga (kemasan kertas putih) kualitasnya paling bagus.

17. TEPUNG GARUT (ARROWROOT FLOUR)

Kadang disebut jg dg Tepung Larut atau Ararut. Terbuat dari umbi garut, tekstur dan warnanya seperti tepung sagu.
Banyak digunakan utk membuat kue kering. Tepung ini lebih mudah dijumpai di daerah2, seperti pasar Gede-Solo.

18. HAVERMOUT (OAT MEAL)

Terbuat dr biji gandum-oat, teksturnya sangat kasar lbh menyerupai serpihan dan warnanya kusam kecoklatan. Kadar serat dan proteinnya tinggi. Bisa dibuat bubur atau cookies.

19. ALMOND POWDER (BUBUK ALMOND)
Terbuatbold dari kacang Almond yg sudah dikupas dan dihaluskan/dihancurkan, teksturnya kasar dan warnanya kuning. Harganya relatif mahal. Digunakan utk membuat cookies dan jaconde cake.

Sumber : chocoloveid dgn berbagai tambahan

5 Responses

  • saya mau tanya klau untuk membuat ayam goreng crispy spt dipinggir jalan menggunakan tepung apa?apakah ada campuran khusus shg crispynya ga gampang mlempem tapi tetap renyah?kira kira renyahnya sampai tahan brp lama? klau saya tny ama abang pinggir jln blum tentu mrk kasi tahu rahasianya.apabila punya resep saya minta saya ingin jual ayam crispy yg renyah. makasih

  • harga tepung sagu tani.balikpapan

  • Maaf mba aku balasnya lama…Sebenernya mba kalo mau menemukan resep asli susah jg kebanyakan sih resep itu tercipta dari kegagalan demi ke gagalan artinya coba terus sampe dapat yg pas sesuai selera mba,biasanya aku nyoba2 resep begitu, berlatih dan berlatih, kalo mau crispy tepung nya itu pake tepung beras dikasih tepung sagu sedikit trus ayamnya di ungkep bumbu biar meresap bumbunya trus di rebus setengah matang biar pas di goreng matangnya merata panas minyaknya jg kira kira aja jgn terlalu panas biar matangnya merata udah dingin di balur ke tepung beras trus goreng deh dgn api kecil tadi .selamat mencoba ya mba

  • Kalo tepung sagu tani aku di belanda kagak ada mas hehe jd aku pake tepung tapioka aja tp,t sagu tani lebih bagus dr tapioka harga relatif sih ya mas

  • mba,aku mau tanya kalau untuk buat donat yg bagusnya pakai tepung apa ya? Kok aku kalau buat memang kalau baru di buat enak dan empuk tapi selang waktu berapa menit donat nya keras dan tekstur di dalamnya udah ga lembut lagi .terimakasih